Rabu, 11 Desember 2013

MOTIVASI DAN KEBUTUHAN MENGGUNAKAN SABUN MANDI NUVO FAMILY (Teori Piramida Motivasi dan Kebutuhan dari Abraham Maslow)




MOTIVASI DAN KEBUTUHAN MENGGUNAKAN SABUN MANDI NUVO FAMILY
(Teori Piramida Motivasi dan Kebutuhan dari Abraham Maslow)


Penelitian Sederhana
Disusun Guna Memenuhi Tugas
Mata Kuliah : Perilaku Konsumen
Dosen Pengampu : Ekawati Rahayuningsih, SH, MM


 











Disusun Oleh :
Nama  : Ahmad Khoirul Badar
NIM    : 210 205


 

SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM NEGERI KUDUS
JURUSAN/PRODI SYARI’AH/EKONOMI ISLAM
2013


MOTIVASI DAN KEBUTUHAN MENGGUNAKAN SABUN MANDI NUVO FAMILY
(Teori Piramida Motivasi dan Kebutuhan dari Abraham Maslow)

I.     PENDAHULUAN
A.      Latar Belakang
Dorongan seseorang untuk mengkonsumsi suatu produk dan atau jasa biasanya dipengaruhi oleh kebutuhan yang harus dipenuhi. Dalam pemenuhan kebutuhan, tingkat motivasi konsumen berbeda-beda. Ada konsumen yang bersikap pasif dan ada konsumen yang bersifat aktif mencari informasi terkait dengan produk dan atau jasa yang digunakan untuk memenuhi kebutuhan hidupnya.
Kondisi di atas menimbulkan permasalahan bagi produsen atau pemasar. Dalam rangka untuk mencapai target penjualan dengan maksimal. Maka tugas produsen atau pemasar adalah membuat stimulus (rangsangan) untuk membangkitkan motivasi konsumen agar mau memenuhi kebutuhannya sesuai dengan yang diharapkan produsen dan pemasar. [1]

B.       Rumusan Masalah
1.    Dari teori piramida motivasi dan kebutuhan dari Abraham Maslow, manakah kecenderungan motivasi dan kebutuhan konsumen dalam menggunakan sabun mandi NUVO Family di Desa Gemiring Lor Kec. Nalumsari Jepara?
2.    Bagaimanakah program iklan atau promosi yang paling tepat sesuai dengan karakter motivasi dan kebutuhan konsumen dalam menggunakan sabun mandi NUVO Family di Desa Gemiring Lor Kec. Nalumsari Jepara?

C.      Tujuan Penelitian
1.    Mengetahui kecenderungan motivasi dan kebutuhan konsumen dalam menggunakan sabun mandi NUVO Family.
2.    Mengetahui cara program iklan atau promosi yang paling tepat sesuai dengan karakter motivasi dan kebutuhan konsumen dalam menggunakan sabun mandi NUVO Family.
II.     LANDASAN TEORI
A.      Pengertian Motivasi
Motivasi adalah kebutuhan yang cukup mampu mendorong seseorang bertindak (Kotler dan Keller,2009:226). Motivasi muncul karena ada kebutuhan yang dirasakan oleh konsumen. Motivasi terbentuk karena adanya rangsangan yang datang dari dalam diri seseorang (kondisi fisiologis). Rangsangan terjadi karena adanya gap antara apa yng dirasakan dengan apa yang seharusnya dirasakan. Gap inilah yang mengakibatkan motivasi, sehingga konsumen merasakan adanya pengenalan kebutuhan (Sumarwan,2003:35). Pengenalan kebutuhan akan menyebabkan tekanan kepada konsumen, sehingga adanya dorongan pada dirinya untuk melakukan tindakan. Menurut Wahyuni, Supriyanto & Kristianto motivasi berpengaruh terhadap keputusan pembelian.[2]
Balajar
Bagan 1. Model Motivasi dari Schiffman dan Kanuk (2000)[3]
Kebutuhan dan Keinginan Yang Tidak Terpenuhi
Tekanan
Perilaku
Tujuan : Memenuhi Kebutuhan
Proses Kognitif
Dorongan
Tekanan Berkurang
 







B.       Teori Piramida Motivasi dan Kebutuhan dari Abraham Maslow
Bagan 2. Teori Piramida Motivasi dan Kebutuhan dari Abraham Maslow (2006)[4]
1.    Kebutuhan Fisiologis
Kebutuhan fisiologis adalah kebutuhan dasar manusia, yaitu kebutuhan tubuh manusia untuk mempertahankan hidup dan kebutuhan jasmani manusia, misalnya akan makan, tidur, istirahat dan sebagainya.
2.    Kebutuhan Rasa Aman
Kebutuhan ini merupakan kebutuhan perlindungan bagi fisik manusia. Manusia membutuhkan ketenteraman dan keamanan jiwa. Perasaan takut akan kegagalan, kecemasan, kecewa, dendam, ketidakseimbangan mental dan kegoncangan emosi yang lain dapat mengganggu kelancaran belajar siswa. Agar belajar siswa dapat meningkat kearah yang lebih efektif, maka siswa harus menjaga keseimbangan emosi, sehingga perasaan menjadi aman dan konsentrasi pikiran dapat dipusatkan pada pelajaran.
3.    Kebutuhan Sosial
Manusia membutuhkan rasa cinta dari orang lain. Dengan mendapatkan kasih sayang, seseorang merasa bahwa ia diterima oleh kelompoknya, merasa bahwa ia merupakan salah seorang anggota keluarga yang cukup berharga. Agar setiap siswa merasa ia diterima dalam kelompoknya, maka dapat dilakukan dengan cara belajar bersama dengan teman yang lain. Hal ini dapat meningkatkan pengetahuan dan ketajaman berfikir siswa. Kebutuhan untuk diakui sama dengan orang lain sering mendapatkan kasih sayang dan memiliki merupakan kebutuhan primer yang harus dipenuhi.
4.    Kebutuhan Penghargaan/Ego
Kebutuhan ego adalah kebutuhan untuk berprestasi sehingga mencapai derajat yang lebih tinggi dari yang lainnya. Harga diri seseorang timbul dalam hubungannya dengan orang lain seseorang akan merasa dirinya dihargai oleh orang lain apabila ia merasa bahwa dirinya dianggap penting dalam hal ini tugas guru adalah mencari dalam diri siswa, apa yang membuat siswa itu merasa dirinya dianggap penting.
5.    Kebutuhan Aktualisasi Diri
Kebutuhan aktualisasi diri adalah keinginan dari seorang individu untuk menjadikan dirinya sebagai orang yang terbaik sesuai dengan potensi dan kemampuan yang dimilikinya. Setiap individu memiliki potensi atau bakat masing-masing yang terkandung di dalam dirinya. Kebutuhan aktualisasi diri atau untuk mewujudkan diri sendiri, yakni mengembangkan bakat dengan usaha mencapai hasil dalam bidang pengetahuan, sosial dan pembentukan pribadi.
III.     HASIL DAN PEMBAHASAN
Peneliti berusaha mengungkapkan motivasi dan kebutuhan konsumen melalui riset, yaitu dengan melakukan survei terhadap konsumen. Kebutuhan dan motivasi konsumen diukur dengan instrumen kuesioner, di mana sejumlah pernyataan diajukan kepada konsumen dan konsumen melaporkan motivasi dan kebutuhan sebagaimana ditanyakan kepadanya. Metode ini dikenal sebagai pelaporan diri atau self-report.
Kuesioner di sebar ke 20 konsumen terpilih secara acak. Daftar kuesioner terdiri dari 15 item pertanyaan, satu aspek dalam hierarki piramida diwakili oleh 3 item pernyataan.
Penelitian ini diukur dengan skala penilaian Likert yang memiliki lima tingkat preferensi jawaban yang masing-masing mempunyai skor 1-5 dengan rincian sebagai berikut:
1 = Sangat Tidak Setuju
2 = Tidak Setuju
3 = Netral
4 = Setuju
5 = Sangat Setuju
Dari landasan teori di atas dapat diketahui bahwa Abraham Maslow mengklasifikasikan kebutuhan secara berurutan menjadi 5 bagian, yaitu :
1.        Kebutuhan fisiologis; antara lain rasa lapar, haus, perlindungan (pakaian dan perumahan), seks, dan kebutuhan jasmani lainnya.
2.        Kebutuhan keamanan; antara lain keselamatan dan perlindungan terhadap kerugian fisik dan emosional.
3.        Kebutuhan sosial; mencakup kasih sayang, rasa memiliki, diterima baik, dan persahabatan.
4.        Kebutuhan ego; mencakup faktor penghormatan dari luar seperti misalnya status, pengakuan, dan perhatian.
5.        Kebutuhan aktualisasi diri; dorongan untuk menjadi seseorang/sesuatu sesuai ambisinya; yang mencakup pertumbuhan, pencapaian potensi, dan pemenuhan kebutuhan diri.
Adapun hasil penelitian yang dilakukan oleh peneliti di Desa Gemiring Lor Kec. Nalumsari Kab. Jepara tersebut tertuang dalam tabel berikut ini :
Tabel 1.1 Motivasi dan Kebutuhan Menggunakan Sabun Mandi NUVO Family
No.
Deskripsi
N
%
1.
Sabun mandi NUVO Family merupakan kebutuhan sehari-hari.
75
25,0%
2.
Saya memakai sabun mandi NUVO Family karena sesuai dengan kemampuan membeli saya.
86
28,7%
3.
Keluarga saya selalu memberikan dorongan dan dukungan agar saya membeli sabun mandi NUVO Family.
42
14,0%
4.
Lisensi dan legalitas sabun mandi NUVO Family memberikan rasa aman bagi saya.
63
21,0%
5.
Nilai produk yang saya terima saat ini sudah sesuai dengan biaya yang saya keluarkan.
65
21,7%
6.
Pelayanan purnajual sabun mandi NUVO Family memberikan rasa aman bagi saya.
55
18,3%
7.
Dengan memakai sabun mandi NUVO Family saya dihormati orang lain.
42
14,0%
8.
Saya bisa bersosialisasi dengan banyak teman jika memakai sabun mandi NUVO Family.
50
16,7%
9.
Saya merasa pemikiran saya memakai sabun mandi NUVO Family dihargai oleh masyarakat.
46
15,3%
10.
Dengan memakai sabun mandi NUVO Family dapat meningkatakan status saya.
53
17,7%
11.
Dengan memakai sabun mandi NUVO Family dapat meningkatkan percaya diri saya.
68
22,7
12.
Dengan memakai sabun mandi NUVO Family dapat meningkatkan harga diri saya.
51
17,0%
13.
Dengan memakai sabun mandi NUVO Family saya akan menjadi orang yang sukses.
41
13,7%
14.
Dengan memakai sabun mandi NUVO Family saya dapat mengembangkan diri dan karir saya.
52
17,3%
15.
Saya merasa bangga jika memakai sabun mandi NUVO Family.
46
15,3%

Tabel 1.1 di atas  menunjukkan hasil survey tentang Motivasi dan Kebutuhan Menggunakan sabun mandi NUVO Family terhadap responden di Desa Gemiring Lor Kec. Nalumsari Kab. Jepara pada tahun 2013. Dari tabel di atas dapat diketahui bahwa, kurang dari 25% menyatakan bahwa mereka menggunakan sabun mandi NUVO Family dikarena motivasi akan kebutuhan rasa aman dan kepercayaan, motivasi akan kebutuhan sosial, motivasi akan kebutuhan ego, dan motivasi aktualisasi diri mereka. Sedangkan lebih dari 25% dari responden menyatakan bahwa mereka menggunakan sabun mandi NUVO Family dikarena motivasi akan kebutuhan fisiologis mereka.
Dari hasil survey di atas juga menunjukkan bahwa ada beberapa aspek yang harus diperhatian dalam melakukan promosi penjualan, yaitu di antaranya :
1.        Aspek kebutuhan masyarakat, dan
2.        Aspek harga.
Oleh karena itu, salah satu program iklan atau promosi yang tepat adalah :


(takeline)
“Siapa Bilang Ingin Sehat Itu Mahal...?!!!”

Dari iklan di atas diharapkan dapat memberikan pesan yang diarahkan kepada konsumen yang ingin memenuhi kebutuhan fisiologisnya. Iklan tersebut menggambarkan bahwa kesehatan adalah yang utama dan agar dapat selalu sehat tidak selamanya mahal, selain itu iklan tersebut juga menggambarkan bahwa kesehatan tidak hanya untuk kalangan atas saja tetapi menyeluruh untuk seluruh lapisan masyarakat.

Gambar. Sabun Mandi NUVO Family


IV.     PENUTUP
A.      Kesimpulan
Dari penelitian yang dilakukan oleh peneliti mengenai Motivasi dan Kebutuhan Menggunakan Sabun Mandi NUVO Family berdasarkan Teori Piramida Motivasi dan Kebutuhan dari Abraham Maslow di Desa Gemiring Lor Kec. Nalumsari Kab. Jepara dapat disimpulkan bahwa kecenderungan konsumen dalam menggunakan sabun mandi NUVO Family dikarena motivasi akan kebutuhan fisiologis mereka, yang dipengaruhi oleh aspek kebutuhan dan aspek harga.

B.       Penutup
Demikian penelitian sederhana yang dapat penulis sajikan. Kritik dan saran yang konstruktif sangat penulis harapkan demi perbaikan penelitian selanjutnya.
Semoga hasil penelitian ini dapat bermanfaat dan dapat menambah khasanah pengetahuan, manfaat untuk semua. Amiiinn..





DAFTAR PUSTAKA

1.        Ekawati Rahayu Ningsih, Perilaku Konsumen, Nora, Kudus, 2013
3.        Rully Priamitra dan Sugiyono, Jurnal: Pengaruh Motivasi Konsumen, Pembelian Toyota Avanza.




[1] Ekawati Rahayu Ningsih, Perilaku Konsumen, Nora, Kudus, 2013, hlm. 30
[2] Rully Priamitra dan Sugiyono, Jurnal: Pengaruh Motivasi Konsumen, Pembelian Toyota Avanza
[3] Ekawati Rahayu Ningsih, Op.Cit, hlm. 33

Tidak ada komentar:

Posting Komentar